Faktor-faktor kegagalan Inggris di PD 2010

1. Absennya Pemain pilar.

Cederanya Rio Ferdinand 5 hari sebelum laga piala dunia bergulir sangat menggannggu stabilitas tim Inggris dimana selain menjabat sebagai kapten tim, pos yang ditinggalkannya tidak tercover dengan baik oleh pelapis dari Rio. Terlihat matthew Upson bermain gegabah yang lebih banyak melakukan salah umpan dan salah mengambil posisi sehingga John Terry cukup kewalahan.

2. Kiper Lemah.

Dari ketiga kiper Timnas Ga ada yang bermain di klub yang cukup besar bahkan David James kiper utamanya bermai di klub yang sekarang terdegradasi ke Championship Divisi.

3. Fullback terlalu aktif menyerang namun gegabah dalam bertahan.

Glenn johnson dan Ashley Cole seperti sedang bermain tidak dalam posisinya. terus membantu serangan tapi sangat terlambat dan lemah dalam membantu pertahanan. 3 dari 4 goal jerman karena kesalahan fullback.

4. Gelandang tidak bisa mengatur tempo.

Lampard dan Barry bermain terlalu terburu-buru, ingin segera membunuh lawan dengan cepat. Secara tekhnis dan skill memang mumpuni tapi tidak terlalu baik menjadi dirijen di lini tengah.

5. Pemaksaan posisi pemain.

Gerrard bermain sebagai sayap kiri hanya ketika dia bermain untuk timnas. padahal tak seorangpun menyangkal dia adalah playmaker yang handal. Begitu juga Rooney, bermain sebagai striker tunggal merupakan spesialisasinya. lihat saja selama bermain di MU ketika duet dengan Nistelrooy maupun Ronaldo selalu bermain tidak sebaik apabila bermain tanpa teman duet.