Segera Matikan Komputer dan Handphonemu, lalu Lihat Sekitarmu

Sebuah kemajuan, apabila memang dapat dimanfaatkan secara bijak, dan sebuah langkah kebelakang apabila sebaliknya.
Bagaimana pengguna internet di Indonesia pada tahun 2009 mengalami peningkatan sebanyak 1000% dalam 10 tahun terakhir (www.internetworldstats.com). Dan bisa dipastikan pada tahun ini lebih bisa dipastikan jumlah tersebut akan jauh lebih meningkat dari sebelumnya. Sebagai Indikasi, lihat saja sekarang Modem Internet dengan provider seluler laris manis bak kacang goreng dengan harga yang relatif terjangkau. Saya masih Ingat bagaimana teman saya 3 tahun yang lalu membeli sebuah modem dengan harga 1,5 juta yang pada saat ini harga modem tersebut sekitar 600rb an yang artinya terjadi persaingan produk yang luar biasa ketat antar produsen yang tentu saja itu disebabkan oleh permintaan pasar yang tinggi.

Selanjutnya saya tertarik untuk melihat apa saja situs yang paling sering dikunjungi oleh pengguna Internet di Indonesia , hasilnya:
1. Facebook.com
2. google.co.id
3. Google.com
4. yahoo.com
5. Blogger.com
6. kaskus.us
7. WordPress.com
8. YouTube.com
9. Detik.com
10. 4shared.com
11. twitter.com
12. wikipedia.org
13. kompas.com
14. klikbca.com
15. detiknews.com
16. detiksport.com
17. ziddu.com
18. multiply.com
19. VIVAnews.com
20. Rapidshare.com
( Alexa.com ).
Memang sekarang jamannya jejaring sosial. bagaimana situs-situs besar semacam Google, Yahoo, Blogger, WordPress kalah populer dari Facebook. Dan disinilah point of view yang saya ingin bicarakan.

Sebenarnya apa sih Urgensi dari situs jejaring sosial bernama facebook tersebut?

Menilik dari sejarahnya, facebook dibuat oleh seorang bernama Mark Zuckenberg, Dengan tujuan sebagai alat untuk sharing Informasi tugas kuliah di Universitasnya, kemudian karena Dinilai efektif, situs dibuka untuk seluruh Amerika, dan kemudian menjadi begitu populer si seluruh Dunia.

Sampai disini belum ada masalah.

Akan tetapi penggunaan facebook di Indonesia tidak sesuai lagi dengan tujuan awal pembuatannya. Yang terjadi bukanlah Informasi yang didapat melainkan sebuah ajang eksistensi bagi para penggunanya, tidak semuanya sih tapi sebagian besar. sampai kemudian ada kecenderungan addicted to Facebook, pegawai yang mulai menurun etos kerjanya sampai pada masalah pemuda yang lebih suka memandang kotak monitor daripada bersosialisasi secara langsung di masyarakat, belum lagi penyalahgunaan yang mengarah pada tindak kriminal. seperti kasus penculikan, penipuan, pencemaran nama baik dll.

Sekarang saatnya Matikan Komputer dan Handphonemu, lalu Lihat Sekitarmu. berinternetlah secara bijak dan mulailah berbicara pada orang lain.