Bagaimana Memulai Berpikir Positif

Berpikir positif adalah sikap mental yang ditanamkan ke dalam pikiran, kata-kata dan semangat yang konduktif untuk pertumbuhan, ekspansi dan keberhasilan. Ini adalah sikap mental yang mengharapkan hasil yang baik dan menguntungkan. Pikiran yang positif memberikan  kebahagiaan, sukacita, kesehatan dan hasil yang sukses dari setiap situasi dan tindakan. Apapun yang di tanamkan, itulah yang akan di peroleh.

Tidak semua orang menerima atau percaya dalam berpikir positif. Beberapa orang menganggap sebagai hanya omong kosong, bahkan mengejek orang-orang yang beriman dan menerimanya. Di antara orang-orang yang menerimanya, tidak banyak yang tahu bagaimana menggunakannya secara efektif untuk mendapatkan hasil. Namun, sepertinya banyak yang menjadi tertarik pada subjek ini, sebagaimana dibuktikan begitu banyak buku, seminar dan kursus tentang Berpikir Positif.

Kita sangat sering mendengar orang mengatakan: “Berpikir positif”! Untuk seseorang yang merasa down dan khawatir. Kebanyakan orang tidak menganggap serius kata-kata ini, karena mereka tidak mengerti secara benar apa itu berpikir positif, atau tidak menganggap tidak bermanfaat dan efektif.
Kisah berikut ini mengilustrasikan bagaimana berpikir positif bermanfaat:
Agung melamar pekerjaan baru, tetapi karena menganggap dirinya rendah, dan ia menganggap dirinya sebagai sebuah kegagalan dan tidak layak memperoleh kesuksesan , dia yakin bahwa dia tidak akan mendapatkan pekerjaan itu. Dia memiliki sikap negatif terhadap dirinya sendiri, dan percaya bahwa para pelamar lain yang lebih baik dan lebih berkualitas dari dia.

Selama seminggu sebelum wawancara kerja Pikirannya dipenuhi dengan pikiran negatif dan kekhawatiran tentang pekerjaan . Dia yakin ia akan ditolak. Pada hari wawancara ia bangun terlambat, bahkan kemeja yang akan digunakannya hari itupun lupa disetrika, karena ia memang sudah terlambat iapun berangkat dengan kemeja lusuh tersebut.

Selama wawancara ia tegang, ditampilkan sikap negatif, mengkhawatirkan kemeja, dan merasa lapar karena ia tidak punya  waktu untuk sarapan. Semua ini mengganggu pikirannya dan membuatnya sulit baginya untuk fokus pada wawancara. Perilakunya membuat kesan buruk, dan akibatnya ia tidak mendapatkan pekerjaan itu, seperti yang sudah ia pikirkan sebelumnya.

Dodo juga dalam posisi yang sama dengan Agung, Akan tetapi menhadapi masalah dengan cara yang berbeda. Dia yakin bahwa dia akan mendapatkan pekerjaan itu. Selama seminggu sebelum wawancara dia sering mempersiapkan dirinya untuk membuat kesan yang baik dan mendapatkan pekerjaan.

Pada malam hari sebelum wawancara ia mempersiapkan pakaian  yang akan dia pakai, dan tidur sedikit lebih awal. Pada hari wawancara ia bangun lebih awal dari biasanya, dan punya waktu yang cukup untuk makan sarapan, dan kemudian datang untuk wawancara sebelum waktu yang dijadwalkan.

Dia mendapatkan pekerjaan itu karena dia membuat kesan yang baik. dan jauh dalam pikirannya dia memang sudah berada di pekerjaan itu jauh sebelum ia wawancara.

Apa yang kita pelajari dari dua kisah?

Ketika sikap positif kita menciptakan perasaan yang menyenangkan merupakan sikap konstruktif, dan lihat dalam mata pikiran kita apa yang kita benar-benar ingin terjadi. Hal ini membawa optimisme, dan lebih banyak energi dan kebahagiaan. Apapun yang ditanamkan dalam pikiran bahasa tubuh kita menunjukkan bagaimana bersikapseperti yang tertanam.

berpikir positif dan negatif sama-sama menular. Hal ini terjadi secara naluriah dan pada tingkat bawah sadar, melalui pikiran dan perasaan transferensi, dan melalui bahasa tubuh. Orang merasa aura kita dan dipengaruhi oleh pikiran kita, dan sebaliknya. Apakah mengherankan bahwa kita ingin berada di dekat orang positif dan menghindari yang negatif? Orang lebih cenderung untuk membantu kita jika kita positif, dan mereka tidak menyukai dan menghindari hal negatif.
Pikiran negatif, kata-kata dan sikap negatif dan membawa suasana hati bahagia dan tindakan. Ketika pikiran negatif, racun yang dilepaskan ke dalam darah, yang menyebabkan ketidakbahagiaan lebih dan negatif. Ini adalah cara terbaik untuk mendapatkan kegagalan, frustrasi dan kekecewaan.

Petunjuk Praktis

Berpikir Positif tidak akan dapat ditanamkan dan dijalankan dalam waktu singkat
Tentukan hati dan berjanjilah pada anda sendiri bahwa anda harus memulai untuk berpikir positif . Kekuatan pikiran adalah kekuatan luar biasa yang selalu membentuk hidup kita. Ini biasanya diltanamkan dalam alam bawah sadar, namun ada kemungkinan untuk membuat proses yang sadar.  Abaikan apa yang orang lain mungkin mengatakan atau berpikir tentang Anda, jangan terpengaruh hal-hal yang akan menghambat pikiran-pikiran positif tersebut

Selalu hanya memvisualisasikan situasi yang menguntungkan dan bermanfaat. Gunakan kata-kata dalam dialog yang positif dalam diri Anda atau ketika berbicara dengan orang lain. Tersenyumlah, karena hal ini membantu untuk berpikir positif. Mengabaikan segala perasaan kemalasan atau keinginan untuk berhenti. Jika anda tekun, sikap itu akan segera tertanam dalam pikiran anda.

Setelah pikiran negatif memasuki pikiran Anda, Anda harus menyadari hal itu dan berusaha untuk menggantinya dengan pikiran yang konstruktif. Pikiran negatif akan mencoba lagi untuk memasuki pikiran Anda, dan kemudian Anda harus menggantinya lagi dengan yang positif. Seolah-olah ada dua gambar di depan Anda, dan Anda memilih untuk melihat salah satu dari mereka dan mengabaikan yang lain. Kegigihan akhirnya akan mengajarkan pikiran Anda untuk berpikir positif dan mengabaikan pikiran negatif.

Jika anda merasa perlawanan batin ketika menggantikan pikiran negatif dengan yang positif, jangan menyerah, tetapi teruslah tanamkan hal yang pikiran menguntungkan, baik dan membahagiakan di pikiran Anda.

Tidak peduli apa keadaan Anda pada saat ini. Berpikir positif, akan membuat anda jauh lebih mudah dari sebelumnya.

selamat mencoba…